Underpass Purwosari akan Dilengkapi Jalur Khusus Becak

dok.timlo.net/daryono

Solo – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo menjamin adanya jalur khusus bagi becak dan sepeda di underpassPurwosari, Laweyan. Jaminan tersebut disampaikan di depan puluhan pengayuh becak yang beraudiensi di Kantor Dishubkominfo Solo, Selasa  (14/5).

Dalam audiensi tersebut, Ketua Paguyuban becak Jasa Karya (PJK), Eko Kuswantoro mengatakan pihaknya mendukung sepenuhnya pembangunanunderpass Purwosari. Hanya saja pihaknya meminta adanya jalur khusus bagi becak.

“Kami tidak mempermasalahkan pembangunan underpass di Purwosari asal tukang becak diberi jalur khusus. Tidak seperti underpass Makamhaji, dimana becak tidak berani masuk. Mereka harus muter melalu Kleco. Itu kenyataan di lapangan,” kata Eko saat audiensi.

Senada, pengayuh becak yang biasa mangkal di Purwosari, Ngadino juga menyoroti pembangunan underpass yang mungkin akan mematikan aliran sungai di sekitar rel. “Di kanan kiri rel itu kan banyak sungai-sungai, apa nanti tidak mematikan sungai-sungai itu?” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dishubkominfo Yosca Herman Soedrajat mengatakan, pihaknya akan mengakomodir usulan pengemudi becak untuk dibuatkannya jalur khusus. “Akan kita evaluasi lagi, pastinya moda transportasi di sana (underpass Purwosari) tidak hanya untuk kendaraan pribadi, angkutan barang dan kendaraan bermotor tetapi juga untuk becak seperti halnya di viaduk Gilingan,” terangnya.

Dikatakan, jalur khusus nanti akan dibatasi dengan marka. Selain itu, tingkat kemiringannya juga akan disesuaikan agar becak dapat melintas. “Panjangnya antara 100 m sampai 150 m, agar tidak terlalu curam,” beber Herman.

Terkait kemungkinan mematikan aliran sungai, Herman mengatakan hal itu telah melalui proses studi yang dilakukan setahun ini. “Sudah dilakukan studi soal sungai, air PDAM. Intinya kami tidak akan mematikan sungai tersebut,” pungkasnya.

Sumber : TIMLO.NET

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *