Terkait sekolah gratis ”Tunggu political will Walikota”

Edisi : 12/24/2009, Hal.XII
Solo (Espos)
Pusat Telaah dan Informasi Regional Kota Solo (PATTIRO) menyatakan pendidikan gratis memungkinkan untuk dilaksanakan di Kota Solo, namun demikian hal tersebut tergantung kebijakan Walikota.
Berdasarkan hasil penelitian dari Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS) pada tahun 2009, jumlah siswa SD di Kota Solo berkisar 60.000 dan untuk SMP 35.000 orang, berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat dirinci kebutuhan unit cost biaya pendidikan siswa SD Rp 68.000 per bulan dan ditunjang dari BOS senilai Rp 33.000, sementara sisa biaya yang merupakan tanggung jawab pemerintah daerah senilai Rp 35.000.
Lebih lanjut, hasil perhitungan kebutuhan unit cost siswa SMP senilai Rp 100.000 per bulan, ditunjang dana BOS Rp 47.000, sehingga siswa kebutuhan biaya pendidikan yang ditanggung pemerintah Rp 53.000. Dari data tersebut, Manager Program Pattiro, Setyo Dwi Herwanto optimistis Kota Solo dapat memberlakukan pendidikan gratis pada tahun 2010 mendatang, khususnya untuk siswa sekolah dasar dan SMP. ”Namun demikian hal itu tergantung Jokowi apakah mau memilikipolitical will untuk sekolah gratis,” jelasnya ketika dijumpai Espos pada acara Konsultasi Publik yang dihadiri stakeholder di bidang pendidikan meliputi DPKS, oranisasi masyarakat, praktisi pendidikan dan Masyarakat Peduli Pendidikan Surakarta (MPPS) di Hotel Indah Palace, Solo, Rabu (23/12).
Dia mengatakan, berdasarkan pengamatannya anggaran pendidikan cenderung lebih ditekan dibandingkan kebutuhan branding Kota Solo, seperti penyelenggaraan karnaval. Sementara, seperti data yang ditampilkan DPKS, dengan menghapus sekolah, Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) artinya untuk Pemerintah Kota kurang lebih mengalokasikan dana sekitar Rp 5 miliar untuk merealisasikan sekolah gratis.

Kebijakan
Hal senada diungkapkan Ketua Bidang Pendidikan Forum Studi dan Silaturahmi warga NU Surakarta (FOSMINSA), Muhammad Abror. Meskipun Kota Solo memungkinkan untuk mengeluarkan kebijakan pendidikan gratis hingga tingkat SMP, tetapi dirinya pesimis untuk dapat dilaksanakan pada tahun 2010. Dia mengatakan, kebijakan tersebut butuh komitmen di DPRD, Dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Disdikpora) dan Walikota Solo. ”Adanya pemilihan walikota yang menyedot dana yang tidak sedikit, saya pesimis sekolah gratis dapat terealisasi tahun 2010,” jelasnya. – Dina Ananti Sawitri Setyani

Source:
http://edisicetak.solopos.co.id/sp_search_detail_tamu.asp?id=46232

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *