Sinergitas Multi Stakeholder Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Kota Surakarta

PATTIRO Surakarta bekerja sama dengan The Asia Foundation dan FOSMINSA bertempat di Hotel Solo Inn menggelar workshop tanggal 13 Januari 2010, dengan tema “Sinergitas Multi Stakeholder Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Kota Surakarta”. Acara itu berlangsung mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB. Dimana acara tersebut dihadiri oleh anggota Forum Silaturahmi dan Study Warga NU Surakarta (FOSMINSA) dan Pembicara dari Bapak Harjana (BAPPEDA Surakarta), Bapak Widi (BAPERMAS Surakarta), dan yaitu Ibu Hj. Trisni Utami, Msi (Akademis UNS). Dimana dari pertemuan tersebut menghasilkan beberapa point antara lain bahwa kota surakarta pada bulan ini sudah mencapai taraf musyawarah perencanaan pembangunan (MUSRENBANG) dan nantinya yang menjadi peserta adalah dari organisasi masyarakat dan masyarakat luas serta gambaran Musrenbang untuk tahun selanjutnya. Juga adanya perubahan paradigma tentang penanggulangan kemiskinan.
Pemerintah kota berharap akan ada peningkatan partsipasi mayarakat dalam proses perencanaan penganggaran dan pembangunan serta adanya sinergitas dari stakeholder dengan pemerintah. Ini merupakan jenis perencanaan pembangunan yang partisipatif dimana dalam menyusun perencaaan pembangunan itu melibatkan seluruh stakeholder di seluruh wilayah Kota Surakarta, untuk bisa menyumbangkan saran maupun usulan dan solusi dalam masalah yang dihadapi.
Masyarakat dituntut proaktif dalam perencanaan pembangunan di kota Surakarta dalam rangka penanggulangan kemiskinan. Jangan hanya menunggu undangan setelah itu baru bisa hadir. Pemberantasan kemiskinan tidak hanya tanggung jawab pemerintah akan tetapi tanggungjawab kita semua. Dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai usulan perubahan paradigma, yaitu perubahan paradigma penanggulangan menjadi pemberdayaan. Dengan hanya penanggulangan, tidak akan mengurangi atau memberantas kemiskinan yang ada di kota surakarta. Akan tetapi dengan pemberdayaan akan lebih meningkatkan kemampuan dan kapasitas warga miskin di kota Surakarta.

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *