Sekilas Tentang LSM

Di negeri demokrasi seperti Indonesia, kehadiran lembaga swadaya masyarakat (LSM) adalah sebuah keniscayaan. Kehadiran lembaga ini mempunyai peran penting untuk menuju negara demokratis, baik sebagai penyeimbang maupun pembantu pemerintah dalam penyejahteraan masyarakat.

LSM adalah sebuah wadah yang didirikan oleh perorangan ataupun sekelompok orang yang secara sukarela yang memberikan pelayanan kepada masyarakatumum tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan (bersifat nirlaba). Lembaga ini tidak mempunyai orientasi untuk mendapatkan keuntungan sebagaimana perusahaan atau dunia bisnis.

Lembaga yang juga akrab disebut non-governmental organization atau NGO ini mempunyai banyak kegiatan yang secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat. Dan setiap LSM mempunyai bidang yang berbeda satu sama lainnya. Misalnya saja bergerak di bidang lingkungan hidup, pelayanan publik, kesehatan, anak-anak, dan masih banyak lainnya.

Secara struktur, organisasi ini bukan menjadi bagian dari pemerintah, birokrasi, atau negara. Berdasarkan bentuknya, LSM ada yang berbentuk yayasan, perkumpulan maupun perhimpunan. Dalam menjalankan program dan kegiatannya LSM mendapatkan bantuan tidak mengikat dari lembaga penyandang dana (donor) baik dari perorangan, perusahaan atau memang lembaga filantropi lainnya serta dapat juga menghimpun dan mengelola sumbangan dana dari masyarakat perorangan.

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh lembaga maupun pegiat harus dilaporkan dengan jelas dan disampaikan secara terbuka kepada publik sebagai bentuk pertanggungjawaban dan pertanggunggugatan. Termasuk didalamnya adalah anggaran serta dokumentasi kegiatan. Hal ini sejalan dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dimana LSM adalah lembaga publik yang harus mengikuti mandat Undang-undang tersebut.

Oleh : M. Dalhar (Pengurus GP Ansor Surakarta, Pegiat Magang di PATTIRO Surakarta)

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

1 Response

  1. Wiwid Purnama says:

    *RENCANA JALAN JADI RUKO**

    Jalan di jadikan belokan kearah selatan, sebetulnya jalan itu lurus.

    Dari BPN member izin jadi tanah kering, Kantor BPN mengeluarkan
    pernyataan tidak bisa kering, ternyata dibeli pihak pengembang bisa
    kering.

    Jln. Matoa Raya 2 Bulak Indah karangasem, Surakarta
    Perantara : Mantan Camat Colomadu
    Atas nama Warga karangasem, memohon bantuannya LSM Surakarta.
    Terimakasih. Wasalam

    NB: Dari kantor BPN Surakarta menerima Suapan dari Pengembang.
    ‘MOHON SEGERA DITUNTASKAN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *