Refleksi 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-Rudy Ajang Sambung Rasa Sekaligus Cambuk Untuk Tuntaskan PR Warga

Edisi : Sabtu, 01 Agustus 2009 , Hal.1

Hari Selasa (28/7) lalu, genap empat tahun sudah pasangan Joko Widodo dan FX Hadi Rudyatmo memimpin sebagai Walikota dan Wakil Walikota Solo. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemkot Solo menggelar refleksi dalam bentuk dialog untuk menjaring aspirasi, pendapat, kritik, saran dan evaluasi dari masyarakat. Seperti yang terjadi Jumat (31/7) malam.
Sekitar 2.000 warga dan tokoh masyarakat memenuhi sepanjang Jl Diponegoro kawasan Ngarsopuran, Keprabon, Banjarsari. Antusiasme warga memenuhi atmosfer ruang terbuka itu. Ada yang sekadar hadir dan meluangkan waktu, bahkan ada pula yang sengaja menyiapkan daftar pertanyaan untuk diajukan kepada Walikota dan Wakil Walikota.
Misalnya seperti yang dilakukan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Semanggi, Suparno HS. Ditemui Espos, Jumat siang, dia mengaku telah menyiapkan sejumlah pertanyaan. “Pokoknya saya sudah menyiapkan pertanyaan. Ada soal relokasi, kemudian soal penataan kawasan yang macet. Saya sebagai warga masyarakat ingin menggunakan momentum ini untuk menyampaikan unek-unek dan gagasan saya,” kata dia.
Dialog itu sendiri berlangsung cukup ramai. Jokowi dan Rudy berdiri di tengah-tengah forum. Keduanya terlihat kompak. Rudy bertindak sebagai presenter sementara Jokowi menjawab pertanyaan-pertanyaan warga.
Salah seorang warga Danukusuman, Sugeng, mempertanyakan soal komitmen Jokowi-Rudy terkait pengelolaan sampah, yang dinilainya belum optimal, baik di tingkat hulu atau di dalam kota maupun hilir yaitu Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo. “Saya ingin tanya, bagaimana penanganan ke depan terkait sampah di Kota Solo?” tanyanya.
Menjawab pertanyaan tersebut, Jokowi mengakui itu akan menjadi salah satu pekerjaan rumah (PR) besarnya dalam sisa masa jabatan yang tinggal 12 bulan lagi. Dia mengatakan, sudah ada sejumlah investor yang antre untuk mengelola TPA Putri Cempo.Salah satunya dari Kanada, yang berkomitmen mengelola tidak hanya di TPA Putri Cempo, tapi juga dari rumah tangga.
“Masalahnya sampai saat ini belum ada investor yang bisa menunjukkan bahwa dia punya dana riil. Waktu diminta menunjukkan rekening anggarannya, mereka tidak bisa,” kata Jokowi.
Memasuki sesi akhir dialog, meski jumlah peserta banyak berkurang, berbagai pertanyaan terus bermunculan. Mulai dari pengelolaan keuangan yang mengharapkan adanya pengelolaan yang lebih transparan dan akuntabel, soal pendidikan gratis, soal penerimaan peserta didik baru (PPDB), dan pungutan sekolah. Selain itu, muncul pula aspirasi terkait perbaikan kantor kelurahan seperti di bangunan Kantor Kelurahan Jagalan yang hampir roboh dan eternitnya sudah berjatuhan dan penataan kawasan Jl Kapten Mulyadi. Jokowi menyebut, saat ini, Jl Kapten Mulyadi sedang dalam proses pelebaran. Pedagang kaki lima (PKL) di kawasan itu pun segera ditata.
Dalam bidang pendidikan, menjawab keluhan salah seorang warga yang menilai Disdikpora kurang serius dalam menyikapi aspirasi wali murid. “Misalnya saat ada pertemuan wali murid, pejabat Disdikpora datang terlambat kemudian hanya memperkenalkan diri tapi tidak memberikan penjelasan dan malah langsung pamit,” ungkap warga tersebut. Terhadap pertanyaan Jokowi mengatakan akan menjadikan hal itu sebagai catatan. Ada harapan agar sambung rasa, refleksi empat tahun Jokowi-Rudy tak hanya sekadar pertemuan biasa. Lebih dari itu, menjadi suatu cambuk atas masih adanya beragam masalah yang mesti dituntaskan Jokowi-Rudy dalam waktu 12 bulan lagi. – Oleh : Suharsih, Tika Sekar Arum

Source
http://www.solopos.co.id/zindex_menu.asp?kodehalaman=h01&id=281662

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

2 Responses

  1. Budi Mahfud says:

    ENTERTAINMENT SERVICE & CO_MANAGEMENT ARTIS SUPPORT PILKADA 2010
    Sebagai Mediator Entertainment Guna memenuhi event & memudahkan Anda mendapatkan materi entertainment kami dapat membantu serta menyediakan materi terdiri dari :
    Dan Lain – lain segala kebutuhan Entertainment, kami siap serta dapat mendiskusikan untuk mewujutkan keinginan Anda, kami tunggu kerja sama, terima kasih.

    Contact Person
    Budi Mahfud
    Tlp 021.92592099 – 0818811720
    co_managementartis@yahoo.com
    budi_mahfud@yahoo.co.id

    Maaf komentar Anda kami edit..
    untuk iklan perusahaan anda, silahkan hubungi irfan@soloraya.net

  2. wrmachine says:

    Hello, as you may already found I am fresh here.
    In first steps it’s really good if somebody supports you, so hope to meet friendly and helpful people here. Let me know if I can help you.
    Thanks and good luck everyone! 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *