Pelatihan Analisis Anggaran Pro-Poor PW-NU Jawa Tengah dan PATTIRO

PATTIRO Surakarta bersama dengan Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) dan didukung oleh The Asia Foundation pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 17- 18 Oktober 2009 mengadakan Pelatihan Analisis Anggaran Pro Poor. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Beringin Salatiga. Peserta kegiatan ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari PW NU Jateng serta Perwakilan DPRD provinsi yang berjumlah 5 orang. Acara dibuka oleh ketua Tanfidziah PW NU Jawa Tengah yaitu H. Muhammad Adnan MA.
[singlepic id=236 w=320 h=240 float=left]Hal yang menjadi latar belakang dari acara tersebut adalah adanya stigma di masyarakat yang memandang bahwa anggaran atau APBD hanyalah sebagai dokumen yang sulit untuk dimengerti, penuh dengan hitung-hitungan sistematis dan hanya bisa dipahami oleh ekonom dan menjadi urusan pemerintah saja. Padahal kalau kita bicara anggaran pada hakekatnya merupakan perwujudan amanah rakyat kepada eksekutif dan legislatis untuk meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan umum kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan itu sendiri adalah ingin meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam permasalahan APBD, selain itu juga menjadi dasar bagi peserta untuk melangkah dalam tahapan perumusan anggaran pro poor.
[singlepic id=237 w=320 h=240 float=right]Ada beberapa pokok materi yang digunakan sebagai bahan dalam pelatihan , yakni terkait dengan Alur dan Perencanaan Penganggaran Daerah; Titik-titik Rawan Dalam Pembahasan Anggaran Daerah dan Trend Belanja Daerah Dalam 3 tahun; Analisis Anggaran Kesehatan, Pendidikan, Pertanian; Identifikasi Pemborosan Anggaran serta Konsistensi antara Kebijakan Pembangunan dengan Alokasi Belanja. Acara Pelatihan Analisis Anggaran Pro Poor berakhir pada hari Minggu pukul 15.00 WIB dengan pembuatan Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang dipandu oleh panitia.

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *