Pattiro Surakarta Gelar Survey Study Banding PIK R

pattiroREMBANG – Kemarin (15/7), Pattiro Surakarta lakukan survey study banding bersama perwakilan remaja dampingan (kecamatan Gayam), ke Pusat Informasi konseling remaja (PIK R) yang sudah berjalan dan berprestasi yaitu PIK R GRESS (Gerakan Remaja Sehat Sanetan) yang ada di desa Sanetan, Kec. Sluke, Kab. Rembang.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa, PIK R GRESS mempunyai berbagai macam prestasi, seperti juara satu PIK tingkat kabupaten dan tingkat Provinsi. Selain itu mewakili Duta Genre juara tiga dan lomba pidato kependudukan tingkat kabupaten tahun ini.

Tim Suvey bersama rombongan diterima oleh Warto yang merupakan Kasi Pemdes (Kepala seksi pemberdayaan desa) dan juga beberapa anggota PIK R GRESS.

Warto megatakan, PIK-R GRESS sudah diinisiasi sejak 2008 dan mulai di SK kan tahun 2010 dan 2013. mereka sudah punya SK di setiap kepengurusan.

“Kegiatannya cukup banyak mulai konseling, pembuatan mading dan kampanye stop pernikahan dini,’’ imbuhnya.
PIK R GRESS mendapat berbagai dukungan dari stakeholder berupa MOU (memorandum of understanding) dengan puskesmas, polsek, dinkes, dintransker, dan sebagainya sebagai narasumber ketika ada diskusi dan pelatihan.

Kondisi Sanetan, secara geografis memiliki kesamaan dengan desa yang ada di Gayam sehingga dirasa tepat untuk dijadikan lokasi studi banding. Kesamaan tersebut antara lain. Pertama, Sama-sama desa (komunal). Ke-dua Sama-sama daerah tambang dan yang ke-tiga adalah Sama-sama didampingi NGO atau LSM. Adapun NGO yang pernah mendampingi desa Sanetan adalah Plan Internasional.

Oleh : Ainul/ Pattiro Surakarta

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *