Pattiro soal BPMKS ”Seharusnya ada Juklak dan Juknis”

Laweyan (Espos)
Pusat Telaah Informasi Regional (PATTIRO) Surakarta melihat program BPMKS tak dijelaskan melalui petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknisnya (Juknis).
Hal itu menimbulkan kecurigaan bagi kalangan tertentu, yang menganggapnya mengarah kepada kampanye terselubung.
”Harusnya ada Juklak dan Juknis yang dibuat Pemkot. Dalam dokumen APBD, kami tak melihat ada penjelasannya,” kata Direktur Pattiro, Alif Basuki saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Senin (19/4).
Alif melanjutkan, mestinya Komisi IV meminta SKPD terkait dalam penggunaan dana senilai Rp 23 miliar untuk BPMKS. Hal itu untuk memastikan agar tak beredar rumor penggunaan dana BPMKS berbau politis. ”Kami sendiri belum tahu dari mana asal-muasal dana tersebut. Kami hanya bisa menduga mungkin dari hibah kalau melihat besarnya dana sebesar itu,” sahut Program Officer Ecosoc Right Pattiro, Joko Mulyanto.
Joko melanjutkan, jika itu berasal dari belanja hibah maka pertanggungjawabannya tak akan bertele-tele. Selain itu, berdasarkan pengamatannya, BPMKS dilaksanakan dengan memangkas anggaran program sebelumnya seperti beasiswa dan bantuan BOS. ”Pada intinya program tersebut baik, cuma mekanismenya dipertanyakan.”

Tak ada
Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD, Reny Widyawati membantah keras pernyataan Jokowi yang mengatakan BPMKS sudah jauh-jauh hari diprogramkan. Reny siap menunjukkan bukti bahwa BPMKS adalah program yang sama sekali tak ada dalam APBD 2010.
”Kalau ada yang bilang sudah dianggarkan dalam APBD 2010, silakan tunjukkan buktinya. Selama dua kali saya di Komisi IV, saya tak pernah mendengarnya. Saya punya buktinya,” paparnya.
Komisi IV justru berniat memanggil Disdikpora jika memang memiliki bukti bahwa program tersebut telah masuk dalam APBD 2010.
– q asa

Source Berita :
http://edisicetak.solopos.co.id/sp_search_detail_tamu.asp?id=65188

Tambahan Glossary:

  • BPMKS : Bantuan Pendidikan Masyarakat Surakarta
  • SKPD : Satuan Kerja Perangkat Daerah
  • APBD : Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah
  • Disdikpora : Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga
  • BOS : Bantuan Operasional Sekolah

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *