Pattiro dorong Dewan buat Renja

Edisi : 10/12/2009, Hal.III

Laweyan (Espos)
Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Solo mendorong DPRD Kota Solo agar segera membuat rencana kerja (Renja), baik jangka panjang maupun jangka pendek, minimal Renja di tahun 2010. Renja DPRD itu sebagai sarana untuk mengukut kinerja DPRD.
Penegasan itu disampaikan Direktur Eksekutif Pattiro Solo, Alif Basuki saat dihubungi Espos, Minggu (11/10). ”Di APBD 2010 nanti kan ada anggaran untuk DPRD. Sambil menunggu proses pembentukan alat kelengkapan Dewan, anggota DPRD bisa membuat Renja untuk program di tahun 2010. Aturan di UU 27/2009 belum secara jelas mengatur soal Renja itu, tetapi ada fungsi alat kelengkapan Dewan yang mengarah ke sana, seperti adanya Banleg (Badan Legislasi-red),” tegasnya.
Menurut dia, tidak selama anggaran bisa diatur oleh DPRD, tetapi kadang-kadang anggaran untuk Dewan itu diserahkan ke Sekretariat Dewan (Setwan) dalam pengaturannya. Persoalan itu pada prinsipnya memang tidak masalah bagi Alif. DIa lebih menekankan pada program-program apa saja yang bakal direncanakan selama tahun 2010. Renja itu, sambungnya, sebagai indikator kinerja DPRD.
”Di SKPD (satuan kerja perangkat daerah-red) itu kan juga ada renja, di DPRD pun kami berharap ada renja. Aturannya untuk membuat renja dari APBD. Di Banleg itu memang ada orang-orang dari fraksi atau komisi. Banleg bisa merencanakan target berapa peraturan daerah (Perda) yang bakal dibuat, minimal dalam satu tahun ke depan dan sebgainya,” paparnya.
Semua aktivitas itu, menurut Alif, hanya sebagai masukan atau saran untuk mengisi aktivitas Dewan hingga semua alat kelengkapan Dewan terbentuk. Dengan demikian, ujarnya, rencana anggaran Dewan itu tidak terkesan sebagai aktivitas rutin, seperti kunjungan kerja, studi banding dan sebagainya. – trh

Source
http://www.solopos.co.id/sp_search_detail_tamu.asp?id=288171

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *