Perbaikan Tata Kelola Administrasi dan Kelembagaan Posyandu

Posyandu harus membiasakan diri tertib administrasi sehingga berbagai catatan hasil pelayanan akan tertata rapi. Sebab, catatan pelayanan adalah data penting bagi posyandu dan para pihak untuk mengontrol kualitas dan peningkatan kesehatan masyarakat desa.

Dengan tertatanya administrasi dan pendataan maka data-data yang berhasil dikumpulkan oleh kader menjadi mudah dicari dan mudah dianalisa serta memudahkan kader dan bidan dalam membuat laporan kepada pemerintah desa dan puskesmas. Basis data ini akan menjadi data agregat pada level kabupaten yang mana akan diketahui tingkat kesehatan masyarakat pada suatu desa, sehingga memudahkan pemerintah kabupaten Bojonegoro dalam melakukan intervensi program-program kesehatan.

Itulah mengapa dalam skema program kerjasama dengan EMCL ini Yayasan PATTIRO Surakarta juga berkonsentrasi dalam meningkatkan kapasitas Posyandu dalam membenahi tata kelola administrasi dan kelembagaannya.

Screen Shot 2016-06-18 at 1.48.27 AM

Guna memulai hal tersebut, para kader Posyandu diajak melakukan studi banding ke Posyandu di Kota Surakarta. Di sana mereka belajar mengenai pencatatan data dan administrasi pelayanan posyandu serta belajar menyusun laporan singkat kepada TP PKK Desa dan Pemerintah Desa. Basis data ini pula yang digunakan oleh para kader posyandu untuk dianalisa dan mengusulkan kebutuhan Posyandu dalam Musyawarah Desa.

thumb_IMG_4138_1024Salah satu pendamping desa, mbak Wiwik NW, menyatakan bahwa desa-desa yang menjadi dampingannya menunjukkan perubahan pasca studi banding. “Mereka mulai mencatat setelah pelayanan dan membuat resume pelayanan untuk PKK Desa, memang kami buatkan formatnya untuk memudahkan” demikian paparnya.

Setelah terbiasa dan akhirnya para kader posyandu ini merasakan manfaatnya saat diundang dalam musyawarah desa dengan mudah menyampaikan usulan dan membuat argumentasi yang cukup kuat sehingga stakeholder desa pun mendukung usulan mereka menjadi prioritas pembahasan dalam Musrenbang desa.

 

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *