Meningkatkan Nilai Tambah dari Bantaran Kali Pepe

Sebuah komunitas masyarakat yang berada di bantaran kali Pepe, di kawasan Kecamatan Banjarsari memiliki sebuah tekad bersama untuk mendapatkan nilai tambah dari kehidupan di bantaran sungai. Mereka menilai bahwa bantaran sungai harus ditata dan dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi lebih bersih, indah dan tentunya sehat. Kesan dan stigma bahwa bantaran sungai selama ini adalah tempat kumuh harus dikikis habis.

Bagi siapapun warga sebenarnya tidak pernah menginginkan untuk tinggal di bantaran sungai. Kebanyakan dari mereka terpaksa tinggal di kawasan tersebut karena ketidakmampuannya secara ekonomi dan sosial sehingga terpaksa tinggal di tempat tersebut.

Adalah komunitas masyarakat Ngreksa Lepen Mangku Keprabon, sebuah komunitas masyarakat di kawasan bantaran Kali Pepe yang muncul untuk menumbuhkembangkan rasa kecintaan terhadap lingkungan dan kehidupan serta kesehatan di kawasan sekitaran Kali Pepe.

ngrekso-21Salah satu motor penggerak keberadaan komunitas ini adalah Setyo Eko Winanto (Pak Win), menyebutkan bahwa pada awalnya untuk membangun kesadaran baik masyarakat maupun pemerintah dan segenap stakeholders tidaklah mudah. Perlu ketekunan komunikasi dengan para pihak. Masyarakat di kawasan bantaran juga harus diyakinkan bahwa apa yang dilakukan ini merupakan sebuah usaha untuk meningkatkan derajatnya, sedangkan pemerintah daerah dan pusat memiliki tanggungjawab terhadap segenap warga negara termasuk yang tinggal di kawasan bantaran sungai.

Bahwa penataan bantaran sungai bukan sekedar kepentingan dan kemauan pemerintah semata, dengan memindahkan warga yang mendiami kawasan tersbeut dengan tujuan untuk pencegahan musibah banjir maupun bencana lainnya. Namun sebenarnya ada nilai lebih yang akan diperoleh dengan menata bantaran sungai berbasis masyarakat, demikian yang ditegaskan oleh Pak Win.

Support dari berbagai pihak akhirnya mengalir atas usaha kerasnya tersebut. Kementerian PU, Pemerintah Kota maupun lembaga internasional tertarik dengan konsep yang digagasnya itu, maka pada 2013 gagasan keberadaan masyarakat peduli bantara sungai digulirkan dengan nama Ngreksa Lepen Mangku Keprabon.

Komunitas ini memiliki tujuan besar bahwa Sungai dalam hal ini Kali Pepe itu  RESIK, REJO, REJEKI.

RESIK. Bermakna kebersihan, bahwa Kali Pepe harus dijaga kebersihannya sehingga dapat menjadikan lingkungan yang sehat. Warga yang tinggal di kawasan tersebut juga akan terjaga kesehatanya. Selain itu dengan kebersihan maka akan mencegah banjir.

REJO. Bila kawasan bantaran sungai atau daerah aliran sungai bersih dan sehat, akan mengundang banyak penikmat lingkungan yang asri. Para penikmat lingkungan asri, bersih dan sehat akan memanfaatkan kawasan itu sebagai rekreasi, olah raga, santai dan rilek, wahana belajar dan sebagainya.

REJEKI. Setelah kawasan menjadi pusat kebutuhan penikmat lingkungan asri, bersih dan sehat akan tercipta/tumbuh dengan sendirinya pusat ekonomi baru. Aneka kuliner, wifi area, aneka hiburan dst akan menjadi daya tarik penikmat wisata dan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar bantaran atau daerah aliran sungai.

Sungai merupakan ruang hidup siklus hidrologis dan sumber kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya yang memiliki pengaruh pada peradaban manusia dan bangsa. Sebagai sumber kehidupan dan titipan alam, sungai telah memberikan manfaat yang besar pada manusia baik secara ekologi, ekonomi, edukasi dan kehidupan sosial masyarakat. Namun, hari ini, sungai-sungai berada dalam kondisi sangat kritis dan memprihatinkan akibat dari salah urus dan kelola oleh negara. Hari ini sungai sudah rusak dan kritis akibat pencemaran limbah industri, rumah tangga dan sarana komersil lainnya, pendangkalan, penyempitan dan alih fungsi kawasan sekitar sungai. Sekarang, sungai menjadi tempat buangan sampah dan limbah industri. Penurunan fungsi dan kualitas ekosistem sungai kemudian menjadi ancaman bencana dan malapetaka bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Dengan demikian akan diperoleh dan didapatkan nilai tambah dari pengelolaan bantaran sungai tersebut. Warga akan dapat meningkatkan derajat kesehatannya juga akan meningkatkan derajat ekonominya.

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *