Kemampuan Kader Posyandu Dalam Musyawarah Desa

Dalam skema Program Penguatan Posyandu yang didukung oleh Exxon Mobil Cepu Ltd (EMCL), selain meningkatkan kemampuan kader posyandu dalam melakukan upaya promosi kesehatan juga melakukan upaya menguatkan posisi kader posyandu dalam forum musyawarah desa.

Screen Shot 2016-06-18 at 1.17.51 AM

Para kader posyandu di 12 (dua belas) Desa se-Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro didorong membuat analisa potensi dan kebutuhan Posyandu. Hasil analisa ini kemudian dibawa dalam Musyawarah Desa. Kader posyandu sendiri-lah yang menyampaikan dan meminta langsung komitmen dari para stakeholder desa untuk mendukung pemenuhan kebutuhan posyandu dan dialokasikan dalam APB Desa.

Setiap posyandu setidaknya memiliki wakil 3 orang dalam Musyawarah Desa dan menyampaikan usulan mereka. Usulan dari para kader posyandu ini antara lain (1) penambahan dana makanan tambahan untuk balita; (2) kebutuhan peralatan untuk mendukung senam ibu hamil; (3) alat permainan edukasi (APE) untuk balita di posyandu; (4) penambahan alokasi dana untuk pelaksanaan kegiatan posyandu.

thumb_IMG_4148_1024

Ibu Puji, Kader Posyandu Desa Gayam, menunjukkan APE hasil usulannya yang diakomodir oleh Pemerintah Desa

Memang tidak semua desa mengalokasikan dan mengabulkan usulan dari posyandu ini, namun setidaknya beberapa usulan seperti alat permainan edukasi banyak dikabulkan seperti di Desa Gayam yang memberikan APE ke semua titik layanan Posyandu di desa tersebut (6 titik layanan posyandu). Di Desa Katur tidak mengabulkan APE namun meningkatkan alokasi PMT dari Rp. 2.000 per balita menjadi Rp. 5.000 per balita pada setiap layanan posyandu.

Meskipun demikian, keberanian dan kemampuan kader dalam melakukan analisa kebutuhan serta keterbukaan pemerintah desa dalam mengundang dan melibatkan mereka sebagai salah satu komponen masyarakat desa yang perlu didengar sudah merupakan kemajuan luar biasa.

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *