Mendorong Pengelolaan Pengaduan Layanan Kesehatan

Dalam rangka mendorong pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang lebih baik di dalam sektor kesehatan, sebagaimana telah menjadi amanat dalam UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik bahwa pengelolaan pengaduan adalah bagian dari penyelenggaraan pelayanan publik (Pasal 8 ayat (2)) serta sebagaimana diatur dalam Pasal 36 UU Pelayanan Publik maka pengaduan menjadi sebuah yang harus disediakan dan dikelola dengan baik oleh penyelenggara layanan dan pemerintah daerah.

Selain itu, Pasal 37 UU Pelayanan Publik mempertegas dan menjabarkan secara lebih detail tentang pengelola Pengaduan tersebut. Dalam pasal 35 dinyatakan bahwa pengaduan dari masyarakat merupakan salah satu bentuk pengawasan (eksternal) dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Dengan berdasarkan pada hal tersebut, PATTIRO Surakarta merasa perlu untuk mendorong sebuah mekanisme pengelolaan pengaduan, agar pengaduan yang masuk dapat terkelola dan diselesaikan dengan baik yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *