Mendorong Kelas Ibu Hamil

Kelas Ibu Hamil di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro

Kelas Ibu Hamil di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro

Seperti yang diketahui bersama kelas ibu hamil di desa-desa tersebut kurang aktif, sehingga banyak ibu hamil yang tidak mendapatkan informasi promosi kesehatan seputar kehamilan mereka. Di dalam kelas ibu ada kegiatan senam hamil yang diperuntukan bagi kesehatan ibu dan bayi yang dikandung serta untuk memudahkan proses kelahiran.

Gagasan program ini adalah mendorong para kader posyandu mulai memiliki kepedulian pada ibu hamil dan mendorong entitas kelembagaan kelas ibu dapat aktif berfungsi. Sehingga, upaya yang dilakukan adalah diantaranya adalah

  • Mendorong kader posyandu untuk pro aktif mengajak para ibu hadir di kelas ibu hamil dan juga mendorong keaktifan bidan desa dalam membimbing kelas ibu. Kesepakatan dengan para bidan menjadi penting karena para bidan memiliki pengetahuan yang lebih mengenai kehamilan.
  • Mendorong kader posyandu mulai aktif mendampingi bidan dalam kegiatan kelas ibu hamil. Peran kader adalah sebagai teman sharing dan diskusi serta mendinamisasi kegiatan.
  • Mendorong dialog dengan pemerintahan desa untuk lebih memperhatikan kelas ibu hamil

Dalam pertemuan serial klaster desa, para kader mulai melakukan pemetaan kebutuhan mereka dan mencoba membuat rekomendasi dari pertemuan tersebut, kebutuhan kelas ibu hamil mulai dibahas dan dimasukkan dalam usulan.

Program ini memfasilitasi forum Rembug Kesehatan Desa yang menghadirkan para stakeholders desa. Para perwakilan kader posyandu dibantu oleh Bidan Desa menyampaikan kebutuhannya dan sekaligus meminta komitmen dari pemerintahan desa untuk lebih memperhatikan kelas ibu hamil.

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *