Masyarakat Harus Cermati DPS Pilpres

Masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) yang rencananya digelar 9 Juli mendatang.

Peran aktif  masyarakat  memantau  DPS  pilpres yang dilakukan oleh PPS di masing masing kabupaten/kota dapat membantu KPU dalam menyiapkan DPT yang lebih baik.

“Kami berharap , pemilih lebih pro aktif dalam mencermati DPS pilpres yang nanti akan diumumkan PPS 11-12 Mei nanti. Sehingga dapat membantu penyelenggara pemilu, untuk menyusun DPT yang lebih baik lagi,” kata
Ketua KPU Jateng , Joko Purnomo.

DPS Hasil pemutakhiran akan diumumkan di tempat-tempat yang mudah terjangkau oleh masyarakat, seperti kantor pos , sekretariat RT/RW, sehingga memudahkan masyarakat, pengawas pemilu dan partai politik untuk memberikan masukan maupun tanggapan.

“Masyarakat yang namanya belum terdaftar di DPSHP, silakan memberi masukan ke PPS setempat,” jelasnya.

DPSProgram Manager PATTIRO Surakarta, Rokhmad Munawir, menyebutkan bahwa DPS merupakan hal yang krusial, jadi masyarakat harus mau pro aktif untuk mencermatinya. “DPS harus dicermati dan masyarakat berhak dan berkewajiban untuk mencermatinya agar dalam pemutakhiran nantinya tidak menimbulkan masalah” tegasnya.

Dia juga menambahkan bahwa salah satu bentuk partisipasi warga dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu adalah terlibat aktif sejak penyusunan DPS ini, dan menurutnya alangkah lebih baik jika KPU Pusat maupun Provinsi dan Kabupaten/kota membuka ruang-ruang dialog dan sosialisasi dalam proses ini.

“KPU sebaiknya memberikan ruang partisipasi dengan membuka ruang konsultasi publik atas penyusunan dan pemutakhiran DPS ini, penempelan pada lokasi-lokasi strategis merupakan bagian dari ruang partisipasi tersebut dan warga harus memanfaatkannya,” tandasnya saat dihubungi via telepon Senin sore (5/5) (Ar)

Sumber : kpu-jatengprov.go.id

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *