Masa Jabatan Usai, Dewan Kunker

Edisi : 7/25/2009, Hal.VIII

Boyolali (Espos)
Di pengujung masa baktinya, seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Boyolali melakukan dinas luar kota ke Bekasi dan Tangerang selama dua hari sejak Kamis (23/7).
Direktur Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro), Alif Basuki, melihat kegiatan para anggota Dewan ini sebagai bentuk pemborosan anggaran dan terkesan aji mumpung. Kunjungan kerja para anggota legislatif ke dua kabupaten di Jawa Barat itu dibenarkan Sekretaris DPRD setempat, Kun Hertantyo saat dihubungi Espos, Jumat (24/7).
Ia mengatakan kunjungan kerja para anggota Dewan itu berkaitan dengan studi banding pengelolaan APBD di masing-masing daerah. Semua pimpinan dan anggota komisi mengikuti Kunker yang sedianya selesai kemarin. ”Kunker itu per bidang, Komisi I ke Komisi I masing-masing di DPRD, begitu seterusnya. Nanti (kemarin-red) sore sudah pada pulang,” ungkap Kun.

Akibat kegiatan Kunker tersebut, Gedung DPRD yang terletak berhadapan dengan Kompleks Kantor Bupati pun terlihat sepi. Sebagaimana diketahui, masa jabatan para anggota Dewan periode 2004-2009 ini akan berakhir pada pertengahan Agustus besok. Kun memastikan bahwa Kunker tersebut merupakan Kunker terakhir bagi para anggota Dewan periode 2004-2009. Karena beberapa hari mendatang para anggota Dewan, lanjutnya, akan disibukkan dengan kegiatan pembahasan APBD Perubahan 2009. KUA (Kebijakan Umum Anggaran) dan PPAS (Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara) sudah disahkan belum lama ini.
Dihubungi terpisah Direktur Pattiro, Alif Basuki, menyayangkan tindakan yang dilakukan para anggota Dewan tersebut. Menurutnya, Kunker tersebut tidak efektif dari segi fungsi. Justru Kunker tersebut sangat kental dengan nuansa pemborosan anggaran.
Alif mengatakan para anggota Dewan terkesan memanfaatkan sisa kesempatan yang ada untuk melakukan kegiatan yang tidak memberikan manfaat kepada masyarakat. ”Mereka ingin jalan-jalan gratis, dapat uang saku,” pungkasnya.

(Kaled Hasby Ashshidiqy)

Source
http://www.solopos.co.id/sp_search_detail_tamu.asp?id=278287

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *