Launching dan Halaqah FOSMINSA: Perangi Kemiskinan Di Kota Surakarta

Setelah melalui proses yang panjang, maka pada hari ini (19 Januari 2010), FOSMINSA (Forum Studi dan Silaturrahmi Warga NU Surakarta), melakukan launching. Launching dan Halaqah ini sekaligus untuk mengawali langkah yang telah terumuskan dalam visi, misi, maupun ikrar mereka.
Visi dari Fosminsa adalah “Mewujudkan masyarakat Surakarta yang cerdas dan sejahtera“, dengan mengusung Misi sebagai berikut;

  • Pemberdayaan Fosminsa yang merupakan Forum belajar dan silaturahmi bagi warga NU Surakarta
  • Penyadaran dan pendidikan warga akan Hak dan Kewajiban
  • Pendampingan warga dalam mendapatkan hak di sektor Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, dan Administrasi Kependudukan di Surakarta
  • Advokasi Kebijakan Publik khususnya di Kota Surakarta

Acara yang dimulai pada pukul 12.30 WIB ini mendapatkan banyak sambutan dari berbagai kalangan yang hadir. Diantara tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut antara lain dari Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siraj, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU)Tengah (Drs. HM. Adnan, MA), Walikota Surakarta (Ir. Joko Widodo), Perwakilan The Asia Foundation Program CSIAP II (Bp. Alamsyah), Pengurus MWC NU se-Surakarta maupun dari Badan Otonom NU dan Pengurus Ranting NU Se-Surakarta.
Pada sambutannya, Direktur Pattiro Surakarta Alif Basuki, S.Sos.i menyatakan dengan dibentuknya Fosminsa ini mereka bisa memberikan warna tersendiri bagi Surakarta ke depan. Stigma dan pembenaran bahwa kaum Nahdhiyin berasal dari kalangan menengah ke bawah harusnya mampu diangkat kembali melalui Fosminsa dengan berbagai macam program yang telah disusun sebelum launching ini.
Sementara itu, Ir. Joko Widodo menyambut baik Fosminsa, serta mengharapkan peran serta warga NU yang tergabung dalam Fosminsa ini untuk ikut andil sebagai mitra di berbagai macam program pengentasan kemiskinan di Kota Surakarta. Tidak hanya melalui program-program yang ‘ngoyo-woro’, namun dari hal-hal kecil di lingkungan mereka seperti pembangunan ekonomi masyarakat ekonomi kecil.

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *