Kita Bisa Awasi Pelayanan Publik

buku TiyasJudul di atas merupakan judul buku/booklet terbaru terbitan PATTIRO Surakarta, yang ditulis oleh   Andwi Joko Mulyanto (Direktur PATTIRO Surakarta) dan Tiyas Nur Haryani (Staff Program PATTIRO Surakarta). Kebuntuan masyarakat perihal penyelenggaraan pelayanan publik serta kebingungan mereka dalam berpartisipasi di dalamnya, coba dijawab dalam buku ini. Saat ini kita memang telah memiliki Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, akan tetapi masih adanya kebingungan masyarakat umum menyoal pelayanan publik menjadi sebuah pertanyaan sejauh mana Undang-Undang Pelayanan Publik negara kita down to earth. 
Pelayanan publik setiap waktu dan dimanapun kita rasakan. Buku ini disusun atas dasar kegelisahan masyarakat tentang bagaimana mengisi ruang partisipasi dalam pelayanan publik, serta disusun berdasarkan hasil-hasil diskusi di Kelompok-Kelompok Masyarakat Sipil Mitra PATTIRO Surakarta dan simpul Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (MP3) YAPPIKA Jakarta, di sejumlah kelurahan area Kota Surakarta.
Bagian pertama banyak diulas perihal pelayanan publik itu sendiri. Apa saja yang dikategorikan sebagai pelayanan publik, agar masyarakat (khususnya pembaca) dapat memahami apa saja yang dimaksud sebagai pelayanan publik di Indonesia. Sasaran utama dari buku ini adalah masyarakat umum, sehingga diinformasikan pula hak dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Masing-masing ditulis mendalam mengenai panduan perencanaan, pengawasan dan pengaduan dalam pelayanan publik serta pengalaman-pengalaman PATTIRO Surakarta bersama komunitas masyarakat dalam 3 hal tersebut.

Bagian terakhir berusaha menjembati informasi program unggulan layanan publik di 3 sektor milik Pemkot Surakarta, ada layanan pendidikan, kesehatan dan administrasi kependudukan. Buku yang dibuat sesederhana mungkin, agar memudahkan masyarakat umum mudah mendapatkan informasi dan meningkatkan kapasitas mereka untuk penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik. Buku dapat diperoleh di Kantor PATTIRO Surakarta Sidodadi Rt 5 Rw 1, Kelurahan Pajang, Surakarta.

Tiyas Nur Haryani

Kelahiran Karanganyar 2 Oktober 1989. Menyukai dunia literasi yang kemudian membawa artikelnya kerap muncul pada harian Lokal maupun Nasional. Menyelesaikan S1 Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS pada tahun 2011, dan saat ini sedang melanjutkan studi S2 di Magister Administrasi Publik di kampus yang sama.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *