Jenis kartu BPMKS dipertanyakan

Solo (Espos)
Edisi : 4/16/2010, Hal.XII

Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) yang disambut antusias warga Solo mulai disoroti kalangan LSM. Mereka menilai, adanya beberapa jenis kartu layanan akan berpotensi memunculkan kasus bantuan dobel.
Koordinator Kajian Kebijakan Solidaritas Masyarakat Pinggiran (Sompis), Nono kepada Espos mencontohkan adanya kartu gold bagi peserta sekolah plus. “Saya heran, apakah ini tidak tumpang tindih dengan program sebelumnya yang sudah mendapatkan bantuan?” ujarnya ketika ditemui Espos, Senin (12/4).
Menurut Nono, sekolah plus selama ini sudah berjalan dengan baik. Namun, munculnya kartu platinum bagi sekolah plus justru memberikan dua penafsiran. Pertama, program sekolah plus dianggap tak efektif dan harus ditunjang dana tambahan. ”Dan kedua, jangan-jangan ini hanya program tempelan saja. Soalnya, kalau di lapangan sudah jalan, kenapa ada bantuan berupa platinum segala. Berarti akan ada bantuan dobel?” paparnya.
Dia meminta agar program tersebut benar-benar dikaji secara matang agar APBD untuk BPMKS milik rakyat tak sia-sia hanya karena perencanaan tak matang demi kejar tayang.
Sementara Program Officer Ecosoc Right Pattiro Surakarta, Joko Mulyanto, juga menilai program ini akan menjadi bumerang bagi Pemkot Solo jika pelaksanaannya hanya bersifat instan tanpa kelanjutan. ”Ini mengaca pada program bantuan pendidikan sebelumnya yang tak ada kelanjutannya tanpa evaluasi,” katanya. ” Pemkot juga harus serius saat mendata warga yang benar-benar tak mampu agar tepat sasaran,” terangnya.
Terpisah, Kepala Disdikpora Solo Rahmat Sutomo menjelaskan, siswa sekolah plus yang akan mendapatkan kartu platinum diprioritaskan bagi siswa yang benar-benar dari keluarga tak mampu. Mereka yang mendapatkan kartu platinum, imbuhnya, secara otomatis tak akan lagi mendapatkan beasiswa. –

Source Berita:
http://edisicetak.solopos.co.id/sp_search_detail_tamu.asp?id=64368

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *