DPRD didesak bahas Raperda Pendidikan

Edisi : 10/5/2009, Hal.XII
Solo (Espos)
Sejumlah kalangan mendesak DPRD Kota Solo menindaklanjuti pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pendidikan yang belum diselesaikan oleh anggota dewan periode 2004/2009 lalu.
Desakan itu muncul dari forum diskusi bertajuk Analisis Kebijakan dan Angaran dalam Bidang Pendidikan pada Perencanaan Penganggaran tahun 2010 Kota Solo yang digelar di RM Adem Ayem, Sabtu (3/10). Diskusi itu dihadiri oleh Masyarakat Peduli Pendidikan Solo (MPPS), LSM Ekasita, Lembaga Studi Kebijakan Publik (Leskap), Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro), dan praktisi pendidikan. Saat ditemui Espos seusai diskusi, Koordinator MPPS, Hastin Dirgantari memaparkan persoalan belum selesainya pembahasan Raperda Pendidikan oleh anggota dewan periode 2004/2009 menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus ditindaklanjuti oleh anggota dewan periode 2009/2014 kali ini.
Menurutnya, untuk melakukan pembahasan itu, anggota dewan tidak perlu mengawali pembahasan dari nol lantaran sudah ada draf Raperda Pendidikan sudah dibuat oleh Panitia Khusus (Pansus) dan draf usulan dari MPPS. “Mereka tinggal mempelajari draf Raperda dari Pansus dan usulan draf kami (MPPS-red) saja. Dewan tidak harus memulai dari nol dalam melakukan pembahasan Raperda Pendidikan ini.”
Diharapkan tak deadlock
Hastin menuntut pembahasan Raperda Pendidikan oleh dewan bisa selesai pada tahun 2010. Dengan demikian, terlebih dahulu diperlukan anggaran tersendiri untuk membahas Raperda itu yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Solo tahun 2010 nanti. Dalam hal ini, pihaknya akan senantiasa mendesak anggota dewan yang belum lama dilantik ini untuk menyelesaikan pembahasan Raperda Pendidikan. Sementara itu, Direktur Eksekutif Pattiro, Alif Basuki SSos berharap, pembahasan Raperda Pendidikan oleh anggota dewan yang baru tidak mengalami deadlock seperti dalam pembahasan anggota dewan periode sebelumnya. “Kami berharap, dewan kali ini lebih tanggap dan terbuka.”
– Oleh: Moh Khodiq Duhri

Source:
http://www.solopos.co.id/sp_search_detail_tamu.asp?id=287175
Berita Terkait :
http://soloraya.net/03/10/2009/karnaval-batik-solo-dan-dunia-pendidikan/soloraya/

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *