Diskusi Rutin Institusionalisasi dan Perencanaan Kerja dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan Surakarta

Diskusi rutin mengenai upaya pengentasan kemiskinan di kota surakarta bertempat di kantor Pimpinan Cabang Nahdhatul Ulama Kota Surakarta yang dihadiri sekitar 20 peserta dari organisasi-organisasi masyarakat Islam dan gerakan mahasiswa di kota Surakarta. Kegiatan ini merupakan upaya tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya. Forum ini membahas mengenai kemiskinan di kota Surakarta dan upaya warga Nahdliyin yang bermitra dengan PATTIRO Surakarta untuk mengatasi permasalahan kemiskinan tersebut. Banyak sekali gagasan maupun ide yang muncul dari forum pembahasan kemiskinan.

[singlepic id=134 w=320 h=240 float=left]Dalam diskusi tersebut disepakati untuk membentuk suatu wadah untuk menampung aspirasi mengenai pengentasan kemiskinan di kota Surakarta. Terdapat banyak sekali usulan maupun perdebatan mengenai nama wadah ini, ada sebagian yang menganggap perlu untuk mencantumkan nama NU dalam wadah yang akan dibentuk dengan alasan untuk menunjukan eksistensi warga NU, namun ada sebagian lagi yang mengangap tidak perlu menggunakan nama NU dalam wadah yang akan dibentuk dengan alasan bahwa cakupan penerima manfaat dari program tidak hanya warga NU. Setelah melalui diskusi yang panjang akhirnya disepakati nama dari wadah tersebut yaitu FOSMINSA (Forum Silaturohmi Dan studi Warga NU Surakarta). Setelah disepakati nama dari wadah tersebut dibentuklah team yang akan menangani permasalahan yang akan dihadapi wadah tersebut yang berkaitan dengan isu pendidikan, isu ekonomi, dan isu kesehatan. Team tersebut terdiri dari anggota diskusi yang hadir maupun mereka yang tidak sedang menghadiri diskusi rutin tersebut.

Diharapkan dari terbentuknya wadah ini adalah para peserta diskusi tidak hanya berperan sebagai tamu undangan, namun ikut berpartisipasi dalam kegiatan, forum yang telah berjalan diharapkan pula dapat melaksanakan kerja-kerja advokasi terkait anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk masyrakat miskin. serta program ini mampu menyentuh masyarakat tingkat bawah. Dan wadah yang dibentuk akan menjadi jembatan atau fasilitator pemerintah dengan masyarakat.

Galleri Terkait

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *