Daftar Ulang Sekolah, Harus Beli Seragam???

Seragam sekolah memang kebutuhan wajib bagi siswa pelajar, namun pengadaannya tidak diwajibkan oleh pemerintah untuk membeli dari sekolah yang bersangkutan. Akan tetapi lain halnya dengan salah satu Madrasah Tsanawiyah Negeri yang berada di kota Surakarta ini yang mewajibkan para calon siswanya untuk membeli seragam dan segala atributnya di sekolah sebagai syarat masuk menjadi siswa madrasah tersebut, yang dilengkapi dengan mengisi surat pernyataan yang menyatakan bahwa pembelian seragam tersebut adalah murni kemauan dari wali murid, bukan paksaan dari pihak sekolah.

Padahal tanpa mengisi surat pernyataan tersebut maka calon siswa tdak diperkenankan untuk mendaftar ulang atau mengambil seragam yangg harganya-pun telah ditentukan dan pastinya lebih mahal dari harga dipasaran.

Menurut salah satu guru yang menjadi panitia Penerimaan anak didik baru yang tidak mau disebut namanya tersebut mengatakan bahwa memang pembelian seragam dan atributnya itu menjadi salah satu persyaratan mendaftar ulang siswa masuk di madrasah tersebut.

Hal ini telah diputuskan dalam rapat paniia penerimaan peserta didik baru. Yang lebih mencengangkan lagi pembayarannya pun tidak boleh dicicil.

Salah satu calon siswa bernama Hafidz membenarkan hal tersebut, saat dia melakukan daftar ulang pada hari selasa kemarin 1 juli 2014. Dia harus membayar sejumlah uang untuk mendaftar ulang setelah dia menerima surat keputusan diterima menjadi siswa di sekolah tersebut.

Dan salah satunya uang untuk pembelian seragam dan segala aributnya. tetapi hafidz pun diwajibkan mengisi surat pernyataan yang harus ditandatangani oleh ayahnya sebagai wali murid. Pengambilan seragam sebagai persyaratan daftar ulang masuk madrasahpun dibatasi hanya 2 hari setelah pengumuman diterimanya diterimanya siswa tersebut.

Ditulis Anita. Anggota Forum Silaturahmi Warga Nahdliyin Surakarta (FOSMINSA)

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *