Bulan Pengaduan Pelayanan Publik

Bulan November disepakati bersama oleh PATTIRO Surakarta dan Komunitas Masyarakat Sipil Mitra dari PATTIRO Surakarta menjadi bulan “Pengaduan Pelayanan Publik”. Pembahasan tersebut dilakukan PATTIRO Surakarta bersama Komunitas Masyarakat Sipil Mitra dari PATTIRO Surakarta antara lain dari Kelurahan Pucang Sawit, Kerten, Kedung Lumbu, Kepatihan Kulon, Danukusuman, Jebres, Jaringan Perempuan Usaha Kecil (JARPUK) Ngudi Lestari, dan Tim Faskel Monev Kec. Serengan yang hadir pada pertemuan koordinasi di Hotel Indah Palace pada hari Selasa (30/10/2012)

Selama ini masyarakat luas sebetulnya telah menjumpai model-model layanan pengaduan pelayanan publik yang disediakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baik dalam bentuk kotak saran, telepon interaktif, layanan SMS pengaduan dan kotak pengaduan pada website resmi SKPD penyedia layanan publik.

Sayangnya, masyarakat menilai bahwa sarana tersebut kurang begitu akrab dengan masyarakat khususnya kaum marginal dan kaum rentan. Aksesbilitas layanan pengaduan yang telah disediakan tersebut tidak dipungkiri mencipatakan jarak antara penawaran dan permintaan masyarakat menengah ke bawah terhadap pelayanan publik yang mereka harapankan dan sesuai yang diamanatkan regulasi. Mayarakat juga menilai bahwa mekanisme pengaduan pelayanan publik by phone sering kali sukar untuk dihubungi dan tidak mendapatkan umpan balik dari pengaduan yang mereka upayakan.

Bersama komunitas masyarakat mitra, PATTIRO Surakarta akan menyelenggarakan “Pengaduan Keliling”Tujuan utama dari kegiatan ini salah satunya untuk memberikan inovasi kepada pemerintah daerah selaku penyedia dan penyelenggaran pelayanan publik untuk mendekatkan ruang-ruang partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.

Ke depannya, hasil pengaduan yang dikumpulkan dari masyarakat Kota Surakarta akan disampaikan kepada SKPD penyedia layanan yang masih dirasa masyarakat belum memberikan pelayanan prima sesuai hasil analisis rekapitulasi pengaduan bergerak. Proses komunikasi yang telah terjalin dengan Pemkot Surakarta menghasilkan komitmen dari Pemerintah Kota Surakarta akan memperbaiki pelayanan publik sesuai masukan dan aspirasi masyarakat Kota Surakarta.

Bahwa hal ini merupakan salah satu hal yang ingin dilakukan dalam konteks perbaikan pelayanan publik dan mampu menjadi model yang nantinya dapat dilakukan semua pihak utamanya oleh pemerintah dalam menjaring aspirasi yang lebih luas di tempat-tempat publik.

Adapun lokasi Pengaduan Bergerak yang dapat didatangi seluruh warga Surakarta di bulan November 2012 ini antara lain:

  1. Ngarsopuro, tepatnya ada depan pasar Windu Jenar pada Sabtu Malam selama bulan November
  2. Solo Car Free Day Slamet Riyadi pada 11 November 2012 di depan Pengadilan Negeri Surakarta
  3. Alun-Alun Kidul yang terpusat di selatan beringin pada 11 November 2012 pukul 15.00 – 17.30 WIB
  4. Sunday Market Gelora Manahan berada di titik di pintu selatan, dan area tengah Gelora Manahan dapat dikunjungi pada 25 November 2012 pukul 06.00–08.30 WIB
  5. Taman Balekambang Surakarta pada 25 November 2012 pukul 08.30 – 10.30 WIB
  6. Balai Kota Surakarta pada tanggal 19 – 22 November 2012 pukul 08.00 – 10.00 WIB
  7. Monumen 45 Banjarsari pada Minggu, 2 Desember 2012 pukul 06.00 – 09.00 WIB

Harapan dari kegiatan ini adalah masyarakat Kota Surakarta dapat ikut terlibat dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Surakarta dan mengisi ruang partisipasi.  Pelayanan publik adalah hak kita semua tanpa adanya diskrimasi.

Ditulis oleh Tiyas Nur Haryani (Staf Program SIAP 2 PATTIRO Surakarta; juga bergiat di Tepi Aksara (Komunitas Penulis Muda Surakarta)

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *