Berpartisipasi Sejak tahun 2001

Partisipasi merupakan sebuah proses dimana seluruh pihak dapat membentuk dan terlibat dalam seluruh inisitaif pembangunan. Pembangunan yang partisipatif adalah proses yang melibatkan masyarakat secara aktif dalam seluruh keputusan substansial yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat. Partisipasi juga merupakan upaya melawan ketersingkiran dan keterasingan baik dalam sistem maupun Informasi. Secara tidak langsung partisipasi akan membuatmasyarakat dapat memainkan peranan secara aktif, memiliki kontrol terhadap kehidupannya sendiri, mengambil peran dan terlibat dalam pembangunan.

Melalui partisipasi masyarakat akan memunculkan program yang lebih respon terhadap kebutuhan dasar yang sesungguhnya. Ini penting untuk menjamin keberlanjutan program, agar lebih efisien karena akan dapat mengindentifikasi strategi dan teknik yang lebih tepat,dan meringankan beban pemerintah baik dari sisi dana, tenaga, maupun material. Namun di sisi lain, partisipasi juga melonggarkan kewenangan pihak atas sehingga akuntabilitas pihak atas sulit diukur, proses pembuatan keputusan menjadi lambat demikian pula pelaksanaan, serta bentuk program juga akan berbeda-beda karena masyarakat yang beragam. Selain itu,program juga berpeluang untuk diselewengkan oleh pihak tertentu untuk kepentingan kelompoknya.

Pattiro Surakarta, sejak tahun 2001, senantiasa melakukan pendampingan terhadap kelompok-kelompok masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Kota Surakarta. Baik dalam perencanaan hingga pengawasan pembangunan. Komunitas Pengemudi Becak merupakan salah satu komunitas yang menjadi mitra Pattiro Surakarta yang terus meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan. Melalui sebuah forum yang diberi nama Forum Komunikasi Keluarga Becak (FKKB) senantiasa dilakukan penguatan terhadap paguyuban-paguyuban pengemudi becak yang ada di Kota Surakarta untuk senantiasa terlibat aktif dalam pembangunan dan kebijakan daerah.

FGDSaat ini FKKB bersama PATTIRO Surakarta sedang melakukan updating data pengemudi becak yang ada di Kota Surakarta. Pendataan tersebut dilakukan bertahap melalui paguyuban-paguyuban yang tergabung dalam FKKB. Pendataan dilakukan sekaligus sebagai media penguatan dan peningkatan kapasitas paguyuban untuk berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan dan kegiatan pembangunan di Kota Surakarta.

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

3 Responses

  1. maya yudayanti says:

    good…good…good…teman-teman ada yang bisa bantu perencanaan pembangunan di klaten nggak nih ?

  2. Setyo Dwi Herwanto says:

    Apa yang bisa kami bantu mbak Maya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *