Berlatih Menyusun Policy Brief bersama Jaringan CSO Lamongan

Penggunaan Policy Brief adalah salah satu cara atau metode advokasi berbasis bukti. Dengan menuliskan berbagai temuan lapangan hasil penelitian maka akan dengan cukup mudah disampaikan kepada para pengambil kebijakan baik daerah maupun pusat.

thumb_IMG_3930_1024Salah satu advisor Yayasan PATTIRO Surakarta, bung Rokhmad Munawir, berkesempatan membagikan ilmu dan pengetahuannya dalam menyusun policy brief kepada Jaringan CSO di Kabupaten Lamongan, Yayasan Prakarsa Jatim.

Prakarsa Jatim sendiri telah melakukan penelitian dan upaya advokasi perbaikan pelayanan kesehatan terutama pelayanan Puskesmas di Kabupaten Lamongan. Hasil-hasil penelitian yang telah dikumpulkan selama lebih dari 6 bulan tersebut disusun dalam bentuk tulisan yang mudah dimengerti agar mudah dibawa dalam dialog dengan para pengambil kebijakan.

Dan memang sejak tahun 2012, PATTIRO Surakarta telah diminta oleh banyak jaringan CSO dan NGO untuk menularkan kemampuan dan pengalaman dalam melakukan penyusunan lembar-lembar advokasi dengan basis bukti ini. Setidaknya beberapa jaringan CSO dan NGO di Kabupaten Malang dan Trenggalek pernah juga mendapatkan kesempatan untuk berlatih bersama dalam mengolah hasil penelitiapolicybriefn dan analisis anggarannya untuk dibawa ke pengambil kebijakan.

Efektivitas penggunaan policy brief memang cukup mampu meyakinkan para pengambil kebijakan untuk mengubah arah kebijakannya. Sebab, selain dibuat dengan tampilan yang menarik dan enak dibaca, policy brief disusun dengan tulisan yang padat, singkat dan menukik pada pokok masalah dan rekomendasi menjadikan para pengambil kebijakan (pemerintah dan pemerintah daerah) mampu mengetahui situasi lapangan dan juga solusi atas permasalahan yang ada.

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *