Analisis Kebijakan dan Anggaran Sektor Kesehatan Pada Perencanaan Penganggaran Tahun 2010 Kota Surakarta

PATTIRO Surakarta menggelar acara Regular Meeting pada tanggal 11 Oktober 2009 yang bertempat di Hotel Riyadi Palace dengan tema “Penyusunan Draft Ananlisis Kebijakan dan Anggaran Pembangunan Bidang Kesehatan Kota Surakarta tahun 2010”. Acara itu berlangsung mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh anggota Forum Silaturahmi dan Study warga NU Surakarta (FOSMINSA). Dalam kesempatan tersebut PATTIRO Surakarta bersama FOSMINSA berdiskusi mengenai permasalahan yang ada di Kota Solo tentang kemiskinan terutama terkait dengan bidang kesehatan.

Sebelumnya PATTIRO Surakarta menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) dan Diskusi Expert yang menghasilkan rekomendasi untuk Dinas Kesehatan yaitu digalakkanya kembali PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) di masyarakat dengan inovasi-inovasi yang lebih bisa bersinggungan langsung dengan masyarakat, terutama masyarakat yang mempunyai basis massa. Dimana inovasi tersebut dapat tertuang dalam berbagai program sebagai berikut:

  • Revitalisasi posyandu
  • Penyusunan data base tempat-tempat ibadah di Kota Surakarta
  • Penggunaan tempat ibadah sebagai sentral sosialisasi PHBS
  • Pelibatan aktif ormas-ormas islam sebagai pelaku sosialisasi PHBS di lingkungan masing-masing
  • Pondok pesantren dijadikan salah satu tempat sosialisasi PHBS
  • Pelibatan aktif siswa-siswa di sekolah sebagai pelaku PHBS

Sedangkan dalam acara regular meeting yang diselenggarakan pada tanggal 11 Oktober 2009 menghasilkan beberapa point tambahan rekomendasi, yaitu :

  • Perlu peran serta petugas puskesmas untuk mengawasi jalannya PHBS
  • Dinas menghubungi RT langsung agar segera mungkin diberitahukan kepada masyarakatnya. (instruksi langsung dari atasan)
  • Harus ada sinergi antar karang taruna dengan RT ataupu dengan kelurahan

Dari hasil rekomendasi tersebut akan dibahas kembali dalam audiensi antara anggota Forum Silaturahmi dan Study warga NU Surakarta (FOSMINSA) dengan DPRD Kota Surakarta dan Dinas Kesehatan Surakarta.

[nggallery id=16]

Rokhmad Munawir

lebih lanjut tentang beliau sila kunjungi blog pribadinya di Rerasan dari Dusun

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>