Analisis Kebijakan Bidang Kesehatan Pada Tahun Anggaran 2010 Kota Surakarta

Kemiskinan merupakan permasalahan kompleks yang terus terjadi sepanjang tahun di belahan dunia manapun. Permasalahan kemiskinan tidak hanya berakar dari faktor ekonomi saja, namun juga dari faktor sosial, budaya, politik bahkan ideologi. Kemiskinan telah membuat masyarakat sulit mengakses pendidikan, kesehatan, mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak, serta pelayanan publik lainnya yang merupakan hak dari masyarakat. Dari sekian sektor yang menjadi hak dasar warga negara, sektor kesehatan merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Permasalahan mendasar yang terjadi mulai dari kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan, kesehatan balita, anak-anak, orang dewasa sampai pada kesehatan lansia. Baik laki-laki maupun perempuan, semua memerlukan kesehatan. Tidak memandang umur maupun jenis kelamin.

[singlepic id=177 w=320 h=240 float=left]Sinergitas antara masyarakat sipil dengan pemerintah daerah tentu saja tidak bisa terjadi dengan serta merta. Perlu adanya pemahaman antara hak, kewajiban dan wewenang dari masing-masing pihak yang terkait. Pemahaman tentang program-program penanggulangan kemiskinan, khususnya di sektor kesehatan, yang telah dirancang pemerintah daerah, merupakan salah satu upaya pemahaman bersama tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak. Disisi lain diperlukan pula pemahaman tentang partisipasi masyarakat sipil selama ini terhadap program penanggulangan kemiskinan. Serta melihat masalah-masalah yang timbul atau yang kemungkinan akan timbul dari rancangan program pemerintah tersebut. Dengan diketahuinya dua kunci pokok sebab-akibat ini, diharapkan dapat menjadi jembatan untuk mensinkronkan antara tugas dan wewenang pemerintah daerah dengan masyarakat sipil selaku sasaran program pemerintah, sekaligus sebagai salah satu pelaku pengentasan kemiskinan di kota Surakarta.

Oleh karenanya maka pada tanggal 28 September 2009, Pattiro Surakarta mengadakan Focus Group Discussion SKPD Kesehatan yang berlangsung di Hotel Indah Palace (HIP) Surakarta. Acara yang dimulai pada pukul 09.30 ini dihadiri oleh beberapa stakeholder kesehatan di Surakarta, antara lain adalah Dinas Kesehatan Surakarta, Perwakilan Puskesmas di Surakarta, dll.

Sedangkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah,

  • Untuk mengetahui program-program penanggulangan kemiskinan di Kota Surakarta dari sektor kesehatan.
  • Untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang akan muncul terkait dengan proses perencanaan penganggaran untuk mengatasi kemiskinan.
  • Untuk mengetahui tingkat partisipasi stakeholder (MBOS, ormas Islam) dalam perencanaan dan pelaksanaan penganggaran.

Sedangkan untuk Output kegiatan ini diharapkan bahwa nantinya terdapat gambaran tentang permasalahan-permasalahan dalam proses perencanaan penganggaran untuk mengatasi kemiskinan. Sekaligus juga untuk meningkatkan partisipasi stakeholder (MBOS, ormas Islam) dalam perencanaan dan pelaksanaan penganggaran.

Galleri Terkait

Irfan

Bergabung dengan PATTIRO Surakarta sejak 2009 sebagai Staff IT. Tugas utamanya adalah mengelola keberadaan situs PATTIRO Surakarta ini. Blog pribadinya adalah http://irfanhanafi.web.id.

You may also like...

1 Response

  1. Suharmadji says:

    Yang juga perlu kita pikirkan dan kita garap bersama adalah bagaimana mengupayakan pemberdayaan masyarakat miskin agar dapat berkontribusi dalam yankesmas, walaupun mereka miskin namun pasti ada sisi positif yang mungkin dapat kita gali untuk upaya tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *